Tips Cat Dinding Biasa Menjadi WeatherShield

Kadangkala kita mengecat tembok bagian luar kita dengan cat dinding biasa, hasilnya sih lumayan akan tetapi tidak bisa bertahan lama. Biasanya cat akan menggelembung dan mengelupas manakala hujan tiba, setelah itu jamur akan mulai tumbuh dan apabila kita bersihkan cat ikut bersih juga. pada musim panas cat akan pecah-pecah. intinya tidak tahan cuaca.
Pengecatan dengan cat dinding weathershield harganya lumayan mahal, perbandingan harga 2,5kg
Weathershield apabila kita belikan dengan cat dinding biasa maka kita bisa mendapatkan 3-4 galon tergantung mereknya. Ada beberapa cara menjadikan cat dinding biasa kita bisa menjadi setara dengan cat weathershield dengan penambahan harga yang relatih murah.
Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Cat dinding biasa (warna dan merek terserah keinginan anda) 1galon (+ 5kg)
  • Water proffing (no drop, aquaprof etc) 1kg kalau ingin lebih bagus bisa anda tambahkan 1kg lagi (warna kalau bisa Clear/bening)
  • Lem plamir 1kg
  • Timba atau galon kosong untuk mengoplos
  • Alat pengaduk
Langkah kerja
  • Masukan WaterProffing ke dalam timba atau galon kosong
  • Tuangkan Cat dinding biasa secara sedikit demi sedikit kedalam timba yang telah berisi Waterproofing dan aduk secara merata.
  • Cairkan lem plamir dengan air dan aduk sampai lem encer, masukan kedalam botol bekas air minum 2L
  • Jika anda ingin mengecat, campurkan Lem plamir yang telah diencerkan ke dalam campuran Cat tadi (lem plamir encer sebagai bahan pengencer cat) kedalam wadah lain.
  • Kalau anda ingin menyimpan cat tersebut, usahakan agar dalam kondisi murni belum tercampur air dan galon dalam kondisi tertutup rapat, sebab air dapat merusak bau dan kondisi cat apabila disimpan dalam waktu yang agak lama.
Hasil cat oplosan kita tidak bisa 100% menyamai cat weathershield setidak-tidaknya bisa 98% menyamai hasilnya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel kami,  selamat mencoba dan nantikan Tips Rawat Rumah berikutnya.

5 comments:

  1. tanpa cat dasar apakah hasilnya maksimal ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tergantung cara pengecatanya
      apabila menggunakan cat dasar hasilnya akan lebih maksimal

      Delete
  2. Saya ingin menambahkan. Jika ingin menggunakan cat dasar bisa menggunakan cat biasa yg dicampur dgn lem putih, hasilnya hampir sama dgn cat alkali.

    ReplyDelete
  3. Trims gan atas Infonya
    Terima kasih telah mampir
    Salam Sukses

    ReplyDelete
  4. klo cat lama ditimpa langsung gimana gan?

    ReplyDelete