Merawat Sansevieria (Lidah Mertua)

Klasifikasi Ilmiah Kerajaan  : Plantae (tidak termasuk) Monocots - Ordo : Asparagales - Famili : Ruscaceae -  Genus : Sansevieria - Spesies : Sansevieria cylindrica, Sansevieria ehrenbergii, Sansevieria hyacinthoides, Sansevieria trifasciata

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Sejarah pembudidayaan sansiviera punya cerita panjang dan menarik.di Cina tanaman ini dianggap berharga karena mempunyai makna keberuntungan yg meliputi : umur panjang,kesejahteraan,kepandaian kecantikan,kesehatan dan kekuatan.Pertumbuhan sansiviera yang simetris menujukkan keserasian yang tergambar sebagaimana Yin dan Yang
Sansevieria atau lidah mertua bukanlah tanaman baru,seiring dengan perkembangan jaman sanseviera ikut meningkat martabatnya yang semula menjadi tanaman pagar ,sekarang menjadi tanaman pot yg banyak menghias ruang tamu.Tak hanya itu studi mengenai peran sanseviera dlm perang melawan pemanasan global memberikan hasil yg positif.sanseviera mampu menyerap aneka polutan semisal karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene yg diserap melalui daun yg bekerjasama dng bakteri yg ada dlm media tanah untuk diuraikan menjadi senyawa yg tidak beracun, Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut.
 

Manfaat dari sansevieria atau lidah mertua antara lain :
  • Di dalam ruangan, sansevieria bisa menangani sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas korbondioksida, nikotin dari rokok, dan penggunaan AC. Satu tanaman sansevieria trifasciata lorentii dewasa berdaun 4/5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi.
  • Jika ditempatkan di dalam kulkas dapat menghilangkan aroma tidak sedap. 
  • Dalam lingkungan industri potongan daun ini disebarkan di ruang-ruang produksi industri untuk mereduksi senyawa beracun yang terhirup oleh pekerja.
  • Dapat mereduksi radiasi gelombang elektromaknetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi. Maka baik jika tanaman ini ditaruh di samping komputer atau televisi.
  • Getahnya dapat digunakan sebagai obat antiseptik
  • Akarnya dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik dan obat wasir
  • Daunnya bila dibakar dapat menyembuhkan sakit kepala, juga bisa untuk merangsang pertumbuhan rambut
  • Bila di rebus dapat mencegah diabetes , wasir, hingga kanker ganas. 
  • Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. 
  • Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.
Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50-75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut Sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan. Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur.

PerawatanTanaman :
  • Tanaman ini bisa hidup dengan paparan sinar matahari maupun di dalam ruangan. Tapi bilaingin di simpan dalam ruangan, jangan lupa dijemur seminggu sekali agar tanaman tetap segar.
  • Penyiraman hanya perlu dilakukan 1-2 kali seminggu. Terlalu sering menyiram justru akan membuat tanaman ini di hinggapi bakteri. Ketika menanam juga pilih media tanam (tanah, sekam bakar, pasir malang dan pakis)
  • Pemupukan lidah mertua biasanya menggunakan pupuk yang tingkat penguraiannya lambat seperti(osmocote, dekastar dan megamp)
Semoga Bermanfaat


Bila anda Menginginkan hasil dan perawatan yang maksimal serahkan pada Ahlinya Hubungi Kami
Terima kasih telah membaca artikel kami, selamat mencoba dan nantikan Tips Rawat Rumah berikutnya.

0 comments:

Post a Comment