Pegecatan Dinding Gradasi Warna

Kadang kalanya kita ingin membuat dinding kita lebih indah dan tidak monoton, dengan mengecat dengan tekhnik gradasi warna, dengan menggunakan gradasi warna akan terlihat permainan pencahayaan yang indah.
Sebelumnya kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan gradasi warna. Gradasi warna berarti tingkat peralihan dari suatu warna ke warna lain, struktur dan motifnya mungkin bervariasi atau atau perpaduan dua warna atau lebih yang dituangkan pada satu obyek sehingga terlihat blur. Gradasi juga bisa diartikan susunan derajat atau tingkat warna.
Kita harus mengetahui 3 warna primer (merah Kuning biru) dan turunan turunannya
orange dihasilkan dari campuran warna merah dan kuning, ungu dihasilkan dari warna biru dan merah, hijau dihasilkan dari warna kuning dan biru. Monochrome contoh dari warna hitam pekat ke hitam pudar ke warna abu2 ke putih. memulai gradasi dimulai dari warna yang terang ke warna yang gelap dan kita harus memahami warna.

Dalam mencampur warna cat kadangkala kita merasa kesulitan memilih warna untuk memperindah tampilan interior terutama pada bagian tembok atau dinding dan plafon. Meski saat ini sudah banyak tersedia cat dengan aneka macam warna, namun belum tentu semua warna tersebut sesuai dengan selera dan keinginan. Hal ini bukan suatu masalah besar. 
Kita bisa membeli beberapa cat yang warnanya berbeda-beda kemudian mencampurnya sehingga bisa menghasilkan warna sesuai dengan yang diinginkan. Untuk memperoleh warna yang lebih variatif, sebelumnya harus menyediakan tiga jenis cat yang menggunakan warna dasar yaitu kuning, biru dan merah yang dinamakan warna primer. 
Selain itu sediakan dua jenis lagi yaitu hitam dan putih yang disebut sebagai warna netral. Langkah selanjutnya adalah mencampur cat warna biru dan kuning. Campuran ini akan menghasilkan warna hijau yang sering disebut sebagai warna sekunder. Campuran lain yang bisa dikreasikan menjadi warna sekunder lain adalah biru dan merah. Hasil campuran ini akan menghasilkan warna ungu. Jika merah dan kuning dijadikan satu warna baru yang muncul adalah oranye atau jingga. Yang perlu diperhatikan dalam proses pencampuran warna ini harus diperhatikan komposisinya yang tepat yaitu satu banding satu.Untuk hasil yang lebih cerah kita campur dengan warna putih dan untuk hasil yang lebih gelap kita campur warna hitam
Untuk warna yang monochrome kita membutuhkan 2 warna (netral hitam dan putih), kedua warna ini dipakai untuk membuat membuat lebih terang atau gelap. Ukuran komposisinya tidak ada aturan yang baku, semua disesuaikan dengan kebutuhan atau tingkat gelap maupun terang yang diinginkan
Pencampuran warna untuk menghasilkan warna yang baru ini juga bisa dilakukan demi penghematan. Jika kita punya sisa cat yang terdiri dari beberapa warna (tidak harus warna primer dan netral), bisa dicampurkan sehingga sisa tersebut bisa mencukupi untuk memberi warna baru pada dinding dan plafon di ruang yang lain. Namun sebelum melakukan percobaaan percampuran sebaiknya sediakan pula kertas dan pulpen untuk mencatat jenis campuran dan komposisinya. Ini untuk menjaga agar kita tidak lupa bagaimana suatu warna baru tersebut bisa dihasilkan. Mulai dari jenis warna yang dicampur serta perbandingannya serta urutan warna yang dikombinasikan.
Jika ingin tampilan yang lebih dramatis, ketika melakukan pencampuran warna lakukan proses pengadukan seperlunya saja. Sehingga warna campuran tersebut tidak menjadi satu namun menghasilkan warna yang bersifat gradasi. Tampilan tembok yang menggunakan warna gradasi terutama jika dihasilkan dari campuran jenis warna yang kontras dan bertubrukan akan menghasilkan sensasi tersendiri. Warna gradasi ini juga cocok untuk membuat hiasan mural pada dinding.
Kita akan menggunakan beberapa teknik dalam pengecatan antara lain
  • Teknik stensil
  • Teknik sponging
  • Teknik Combing
  • Teknik Ragging
Teknik pengecatan diatas telah kami bahas pada artikel Teknik Dalam Aplikasi Cat Dinding
Anda dapat berkreasi dengan menggunakan imajenasi anda untuk menciptakan teknik-teknik pengecatan yang sesuai dengan keinginan anda, selamat mencoba dan berkreasi. Semoga bermanfaat
Bila anda Menginginkan hasil dan perawatan yang maksimal serahkan pada Ahlinya Hubungi Kami

Terima kasih telah membaca artikel kami,  selamat mencoba dan nantikan Tips Rawat Rumah berikutnya.

0 comments:

Post a Comment