Perbandingan Tipe Freon R32, R22, R410A

Tiap - tiap freon AC mempunyai karekter yang berbeda - beda, dalam hal ini kami akan berbagi informasi tentang perbedaan dari freon tersebut


Perbandingan Tipe Freon


Jenis Freon
ODP
GWP
Cooling Index
Flammability
R22
0.05
1810
100
TIDAK
R410A
0
2090
92
TIDAK
R32
0
675
160
RENDAH





Keterangan:
  • ODP adalah Ozone Depletion Potential alias Potensi Perusakan Ozone
  • GWP adalah Global Warming Potential alias Potensi Pemanasan Global
  • Cooling Index adalah angka index dingin
  • Flammability adalah Tingkat mudah terbakar Freonnya.
Dari tabel diatas kita bisa melihat beberapa hal:
Freon R32 lebih ramah lingkungan dibandingkan R410A sekalipun karena memiliki GWP yang lebih rendah dibanding R22 dan R410A
  • Freon R32 memiliki angka index dingin yang JAUH LEBIH TINGGI bahkan dari R22, jadi tidak akan ada lagi komplen bahwa pake AC Inverter jadi lebih tidak dingin.
  • Freon R32 memang memiliki potensi mudah terbakar yang lebih tinggi dari R22 dan R410A namun jangan takut karena tidak dapat membuat AC meledak bahkan ketika rumah anda kebakaran.
Jadi setelah melihat penjelasan diatas, harusnya anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih menggunakan AC yang menggunakan Freon R32 ataupun R410A sesuai peraturan pemerintah. 

Tabung Freon yang beredar di Indonesia ada 3, yang berwarna hijau adalah tabung Freon R22, yang berwarna pink atau merah muda adalah tabung Freon R410A, sedangkan tabung Freon R32 akan berwarna biru. Jadi jangan sampai salah ya, karena bila AC anda diisi oleh Freon yang tidak seharusnya, kompressor AC pasti akan jebol.  
freon R22, freon R32 dan Freon 410A TIDAK KOMPATIBEL satu sama lain jadi freon TIDAK BOLEH dicampur ataupun DIGANTI jenisnya. Jadi walaupun Freon AC habis karena bocor atau alasan apapun, tetap harus diisi ulang dengan Freon tipe bawaan ACnya. Satu-satunya cara untuk mengganti Freon AC misalkan dari R22 ke R32 adalah dengan membeli AC yang baru yang sudah menggunakan Freon R32. Tidak ada cara lain.


Bila anda Menginginkan hasil dan perawatan yang maksimal serahkan pada Ahlinya Hubungi Kami
Semoga Bermanfaat

Terima kasih telah membaca artikel kami,  selamat mencoba dan nantikan Tips Rawat Rumah berikutnya.

0 comments:

Post a Comment