Tips Dalam Pemasangan Air Conditioner



Bila anda ingin memasang atau akan menambah AC, Kami akan berbagi dengan anda beberapa tip's agar penggunaan AC bisa efektif dan efisien untuk menyejukkan ruangan. Yang harus dan perlu diperhatikan dalam pemasangan AC antara lain:

Letak dan kondisi ruangan.
Ruangan yang berada tepat di bawah atap (lantai paling atas rumah) memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan ruangan yang tidak berada langsung di bawah atap (lantai dasar rumah). Posisi ruangan juga menentukan panas dingin ruangan. Kaca lebar dan dinding yang terkena sinar matahari langsung mempengaruhi lamanya waktu yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan sesuai suhu yang diinginkan. Ruang-ruang tertentu seperti kamar tidur memerlukan AC yang tidak berisik, nyaris tanpa suara agar tidak mengganggu kenyamanan. Plafon yang tinggi memperbesar volume ruangan. Semakin besar volume ruangan. Semakin besar pula kapasitas pendinginan AC yang dibutuhkan untuk menyejukkan ruangan. Adanya partisi atau tidak dalam ruangan pun menentukan besar kebutuhan AC.

Jumlah Orang dan Perlatan Elektronik. Manusia mengeluarkan panas ketika sedang beraktivitas. Semakin banyak orang yang berada dalam ruangan tersebut, semakin lama waktu yang dibutuhkan AC untuk menyejukkan ruangan. Lampu. Seperti manusia, lampu yang menyala pun mengeluarkan panas. Semakin besar daya (watt) lampu dan semakin banyak jumlahnya, semakin lama waktu yang dibutuhkan AC untuk mencapai titik dingin tertentu. Peralatan Elektronik. Perangkat audio-video set, computer dan peralatan lain yang menggunakan energi listrik mempengaruhi suhu ruangan. Semakin besar daya (watt), semakin lama penggunaan dan semakin banyak peralatan elektronik akan semakin tinggi suhu ruangan. Energi yang dikeluarkan dan waktu yang dibutuhkan AC untuk menyejukkan ruangan semakin besar dan lama.


Alasan - alasan mengapa beberapa tempat diharuskan menggunakan AC, antara lain:

Suhu . Standar kenyamanan ini terkait erat dengan suhu udara. Walaupun manusia merupakan makhluk yang paling mudah beradaptasi dengan lingkungannya, jika suhu udara di sekitarnya berubah, kenyamanan pun berkurang. Karena alasan inilah AC digunakan. Sebagai alat yang fungsinya mengkondisikan udara, pemasangan AC diharapkan bisa mengembalikan suhu ruangan ke titik di mana manusia merasa nyaman.

Polusi. Alasan lain yang paling mendasar digunakannya AC adalah kondisi lingkungan yang buruk, yang bisa terjadi karena pencemaran. Lingkungan di sini bukan saja berhubungan dengan udara, tetapi juga suara. Misalnya, sebuah rumah di kawasan industri yang udaranya kotor oleh asap pabrik, rumah di pinggir sungai yang bau, atau rumah di tepi jalan raya yang bising. Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya Anda tinggal di ruangan tertutup, dan mau tidak mau AC menggantikan sirkulasi alami.

Desain ruang. Ada satu faktor penyebab lain sebuah ruangan perlu dipasangi AC, yaitu desain pada bangunan bertingkat tinggi yang luas, banyak kemungkinan tercipta "ruang di dalam ruang". Artinya, sebuah ruang bisa jadi tidak memiliki bukaan yang langsung berhubungan dengan lingkungan luar. Ruang-ruang seperti ini sudah jelas tidak memiliki sirkulasi udara yang memadai. Solusi yang paling mudah adalah dengan memasang AC.

Sirkulasi buruk. Selain bangunan tinggi, lingkungan yang berpeluang memiliki sirkulasi udara buruk adalah perumahan yang sangat padat penduduk. Rumah-rumahnya berjejer rapat, mengepung dari sisi kiri, kanan, dan belakang. Di rumah-rumah seperti ini, sirkulasi udara hanya dari bagian depan bangunan. AC diharapkan bisa membantu memperbaiki kualitas udara di daerah seperti ini.

Bagikan