Anggrek Tanah (Spathoglottis), Ground Orchid

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom: Plantae 
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta 
Kelas: Liliopsida 
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Orchidales
Famili: Orchidaceae 
Genus: Spathoglottis
Deskripsi
  • Nama umum: anggrek tanah, ground orchid. Di daerah jawa biasa disebut anggrek sothel (mungkin merujuk pada bibirnya yang mirip alat untuk menggoreng itu) ada juga yang menyebutnya dengan Anggrek congkok 
  • Habitat : Semak, semusim, tinggi ± 60 cm . Tumbuh hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Hidup secara terestrial (tumbuh di tanah) dengan pola pertumbuhan sympodial (kesamping) Dengan temperatur 28° , + 32° C sampai dengan temperatur minimum 15°C,
  • Bunga : Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna-warni cantik Batang : Tegak, bulat, lunak, berbulu, batang di dalam tanah, membentuk umbi, hijau.
  • Daun : Daunnya berwarna hijau muda, kaku, dan berlekuk seperti diwiru. Tunggal, lonjong, berseling, panjang 5-8 cm, lebar 0,5-1 cm, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, pertulangan menyirip, hijau. Di daerah tertentu di Indonesia, daunnya biasa dimanfaatkan sebagai pembungkus panganan khas daerah.
  • Bunga : Majemuk, bentuk tandan, tumbuh pada tandan yang terletak di antara daun pada ujung batang, tangkai silindris, panjang ± 40 cm, hijau, benang sari bentuk khas, kuning berbintik coklat, serbuk sari kuning, putik bertangkai pendek, coklat, mahkota lonjong, halus, jumlah lima, ungu.
  • Buah :Kotak, lonjong, panjang + 5 cm, kuning pucat.
  • Biji : Bulat, kecil, putih kehitaman.
  • Akar : Serabut, coklat keputih-putihan.
Kandungan kimia Umbi, daun dan akar Spathoglottis plicata mengandung polifenol, di samping itu daunnya juga mengandung saponin.
Karena memiliki kandungan kimia maka anggrek tanah mempunyai khasiat antara lain : Umbi Spathoglottis plicata berkhasiat sebagai obat radang telinga. Untuk obat radang telinga dipakai umbi segar Spathoglottis plicata, dicuci lalu ditumbuk hingga lumat dan peras. Hasil perasan diteteskan pada telinga yang sakit.

Terima kasih telah membaca artikel kami, nantikan artikel kami tentang Taman selanjutnya.
Bagikan