Merawat Anggrek Dendrobium

Anggrek dendrobium adalah salah satu jenis anggrek yang paling sering berbunga. dalam sekali berbunga bisa lebih dari dua tangkai bunga atau lebih. Hal ini bisa terjadi apabila ditunjang dengan perawatan yang baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat anggrek dendrobium :
  • Anggrek dendrobium lebih suka cahaya matahari dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan 50 – 60%. Sehingga diperlukan naungan paranet. Dengan temperatur 28 – 32OC dan kelembaban 50%, anggrek dendrobium akan tumbuh baik.
  • Aliran udara sangat diperlukan. apabila dalam ruangan pyang agak tertutup embuatan ventilasi atau pemasangan kipas angin sangat diperlukan bila aliran udara kurang bagus.
  • Penyiraman dapat dilakukan sehari 2 kali, pagi jam 08.00 dan sore jam 16.00. Dan bila kondisi mendung cukup disiram satu kali saja, kalaupun posisi tanaman anggrek anda diluar ruangan apabila hujan jangn disiram. Jangan melakukan penyiraman terlalu pagi atau terlalu sore. Hal ini akan meningkatkan kelembaban yang akan berpotensi pertumbuhan jamur. Ciri anggrek dendrobium yang cukup air batang kokoh dan padat dan bila kekurangan air batangnya kisut.
  • Untuk melindungi dari serangan hama dan penyakit, perlu disemprot insektisida dan fungisida satu minggu sekali sesuai dosis obat yang digunakan. Penyemprotan sebainya dilakukan sore hari.
  • Untuk menghasilkan tanaman yang tumbuh dengan baik, anggrek dendrobium perlu dilakukan pemupukan dua minggu sekali dengan pupuk yang tinggi unsur Nitrogen (N), Phospor (P) dan Kalium (K)  NPK. Dan ditunjang dengan pupuk daun yang dispraykan. Cara pemupukannya dilarutkan dalam air dan disiramkan pada akar-akarnya.
Hal tersebut harus dilakukan bila ingin dendrobium yang anda rawat akan memberikan hasil yang baik. Satu hal yang sebenarnya sangat menunjang adalah tempat anggrek dendrobium tersebut diletakkan. Bersihkan gulma yang ada dan genangan air. Ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi jamur maupun bakteri yang dapat merusak pertumbuhan tanaman anggrek anda. 

Terima kasih telah membaca artikel kami,  selamat mencoba dan nantikan Tips Rawat Rumah berikutnya.
Bagikan