Cat Dinding Luar Murah Berkualitas




Pada saat-saat tertentu timbul keinginan kita untuk mengecat dinding luar rumah kita, tapi kadangkala kita terbentur biaya dengan mahalnya cat dinding Luar (jenis weathershield). Apabila kita mengecatnya dengan cat dinding biasa (untuk interior) maka hasilnya kurang berkualitas, yang terjadi biasanya cat akan menggelembung dan mengelupas manakala hujan tiba, setelah itu jamur akan mulai tumbuh dan apabila kita bersihkan cat ikut bersih juga. pada musim panas cat akan pecah-pecah. intinya tidak tahan cuaca. Untuk itu kami berbagi Tips jitu yang sudah teruji untuk anda. Kita buat cat Oplosan dengan bahan-bahan dan cara pengoplosannya telah kami jelaskan di Tips Cat Dinding Biasa Menjadi WeatherShield. 

Peralatan yang dibutuhkan:
  • Cat Dinding Weathershield atau Cat Dinding Oplosan Weathershield
  • Kertas Gosok
  • Hand brush
  • Kertas koran dan lakban (untuk penutup)
  • Spons dan dan detergent pembersih
  • Kuas Cat, Roller Bar serta, Baki Roller
Bahan Plamir untuk dinding luar
  • Mortar Semen misal Mortar Utama (MU) untuk Acian dan Plesteran Lubang
  • Lem putih PVAC yang berfungsi sebagai perekat
  • Timba kecil dan pengaduk 
  • Kapi besar dan kecil yang berbahan PVC

Aplikasi Plamir
Cairkan 1kg lem putih PVAC (misal lem Fox) dengan air bersih kedalam timba tambahkan Mortar Semen (Semen Gresik), Mortar Utama (MU) untuk Acian dan plesteran kedalam timba dengan takaran 1:1:1 aduk secara merata. Usahakan pembuatan plamirnya sedikit demi sedikit jangan langsung mencampur dengan jumlah bahan yang langsung banyak, plamir akan cepat menggumpal dan tidak bisa dipakai. Untuk dinding baru, setelah dinding di aci (sudah kering) sedangkan untuk dinding lama, kelupas lapisan cat dan plamir hingga terlihat lapisan acian lalu bersihkan

Oleskan plamir pada arah vertikal di dinding sampai merata kemudian untuk lapis selanjutnya pada arah horisontal, dan seterusnya sampai dinding menjadi rata. Lapisan yang kedua haruslah menunggu lapisan yang pertama kering dahulu. Penghalusan menggunakan amplas dengan arah memutar 

Aplikasi Pengecatan
Langkah pertama pengecatan, bersihkan tembok terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Membersihkan tembok bisa membuat kotoran, debu, minyak, atau noda hilang sehingga hasil maksimal bisa Anda dapatkan. Untuk membersihkan dinding, bisa menggunakan spons yang sedikit dibasahkan campuran air dan deterjen. Kalau ada noda yang agak sulit berantas, Anda bisa menggunakan sikat dengan bulu agak kasar. 

Lindungi permukaan bingkai jendela dan Pintu.Pastikan untuk melindungi bagian yang tidak ingin Anda cat dengan kertas koran bekas atau lakban. Seperti dinding dekat bingkai jendela, kusen, bagian bawah dinding dekat lantai, bahkan lantai sekalipun. Gunanya adalah ketika pengecatan selesai Anda bisa dengan mudah mengelupaskan kertas koran atau lakban yang ditempel, tanpa meninggalkan noda cat di mana-mana.

Cat di bagian yang sulit. Mulai terlebih dahulu bagian yang sulit dijangkau dengan alat roller bar, seperti sudut antara dinding dan lantai, dekat bingkai jendela, dekat kusen, dan lengkungan lainnya. Dengan begitu, hasil cat akan terlihat lebih rapih, dan tidak ada cemoreng cat di bagian yang tidak diinginkan. Gunakan tehnik W. Untuk efisiensi, mulailah pengecatan dari sudut tembok dan buat huruf W tanpa mengangkat roller bar. Per tiga kaki, atau sekira 91 cm (1 kaki, 30.48 cm) dari sudut yang sama, mulai dari atas sampai dengan bawah dinding. Ketika sudah terisi, kini Anda bisa puaskan cat keseluruh dinding dengan panduan garis W tadi. Anda juga bisa melihat ketebalan yang dihasilkan melalui percobaan tersebut, dan melihat warna cat ketika kering.

Lepaskan perekat yang melindungi dinding dekat bingkai jendela atau kusen, kemudian  lakukan pengecatan dengan menggunakan kuas ukuran sekita tujuh senti. Cat perlahan dan hati-hati supaya tidak mencoreng kayu bingkai.
Bagikan