Mengetahui dan Perbaiki Kebocoran AC Split


Kami mendapatkan tugas dari customer kami tentang permasalahan AC splitnya yang sering tidak dingin dan selalu isi freon pada saat service (sebelum menggunakan jasa kami). dan ternyata setelah kami periksa ada kebocoran di bagian pentil pengisian Freon. Dari pengalam tersebut kami akan berbagi tips cara mengetahui dan memperbaiki kebocoran pada AC split. Cara paling mudah mengetahui titik kebocoran yaitu dengan adanya bekas oli pada titik yang bocor. Bisa juga menggunakan air sabun dan kuas untuk mengecek kebocoran, caranya kuaskan air sabun pada pipa yang dicurigai bocor apabila kelaur gelembung bisa jadi kebocoran terjadi

Bagian yang paling rawan terhadap bocor antara lain :

  • Sambungan antara outdoor dan indoor pada bagian double naple, jika kurang kencang sambungannya rawan sekali terjadi kebocoran, cara perbaikan kencangkanlah kembali dan bila perlu diflaring ulang
  • Pada sambungan pipa yang disambung menggunakan las, cara perbaikan las ulang bagian tersebut sampai merata dan dicek ulang kebocorannya
  • Pada pentil kran valve Pengisian freon di bagian valve, cara pengecekan oleskan air sabun pada pucuk pentil jika terjadi gelembung maka pentil bocor, cara perbaikan coba kencangkan pentil apabila masih bocor ganti dengan pentil pada ban sepeda motorbisa beli di toko spare part motor. cara penggantian matikan AC tutup  kran valve dengan kunci L, buka tutup pentil pada pengisian AC ganti pentil dengan yang baru setelah selesai buka kembali kran valve dan cek ulang.
  • Pada evaporator AC baik bagian out dor dan indoor, yang paling sering bocor adalah pada bagian U band, yaitu lekukan pipa yang menghubungkan pipa pipa pada evaporator.
  • Cara mencari kebocoran pada bagian evaporator sama pencariannya dengan mencari kebocoran pada ban dalam kendaraan anda pada tukang tambal ban. Bila anda ingin melakukan perbaikan ini pertama-tama lakukan proses pump down (memasukan freon kedalam unit outdoor atau melakukan cara bongkar pasang AC split. 

Proses pump down dilakukan bila freon dalam sistem masih ada, tetapi bila sudah tidak ada freon dalam sistem anda tak perlu untuk melakukan pump down. Setelah indoor terlepas dari bracket buka tutup indoor lalu buka beberapa baut pada bagian komponen pcb dan lepaskan socket fan motor, socket motor swing, socket sensor led display, socket thermistor dan lepaskan kabel ground/arde yang menuju bagian evaporator.

Setelah box komponen pcb anda lepaskan buka evaporator. Evaporator ada yang dibaut pada body indoor atau hanya dikunci dengan cara menjepitnya dengan body indoor. Angkat bagian kiri terlebih dahulu lalu kemudian lepaskan dengan cara perlahan-lahan dan jangan lupa buka klem yang mengunci pada pipa dibagian belakang indoor unit.

Setelah evaporator terlepas tutup bagian pipa ukuran 3/8 dengan nepel 3/8 yang sudah dikembangkan ujung pipanya dan pada ujung satunya anda las mati. Pasang nepel 3/8 tersebut lalu dikencangkan dengan 2 buah kunci inggris. Sedangkan pada bagian pipa 1/4 nya anda pasangkan selang manifold, untuk memasukan angin daripompa vakum yang telah anda buat dengan compressor bekas. Bila anda tak mempunyai pompa vakum yang terbuat dari compressor, anda bisa memasukan freon kedalam evaporator tersebut. Tapi cara ini membuang banyak freon bila timbul kebocoran lagi setelah evaporator di las.

Setelah evaporator berisi tekanan oksigen ( 100 - 150 PSI ) lalu celupkan evaporator pada bak ember besar dan perhatikan bagian samping kiri dan kanan untuk melihat kebocorannya. Bila sudah anda temukan letak kebocorannya kemudian angkat evaporator dari bak ember dan buang oksigen yang berada dalam evaporator. Lalu anda bisa melakukan pengelasan pada bagian yang bocor dengan alat las yang anda miliki, atau anda bisa meminta bantuan jasa tukang las karbit yang ada disekitar rumah anda untuk melakukan pengelasannya.

Lakukan pengelasan atau penebalan pada bagian samping kiri dan kanan agar evaporator menjadi lebih kuat dari tekanan freon. Setelah selesai melakukan pengelasan periksa kembali dengan cara mencelupkan pada bak ember yang berisi air dan berikan tekanan oksigen dan perhatikan pada bagian samping kiri dan kanan apa masih ada yang bocor?

Jika sudah tidak ada kebocoran, pasang kembali evaporator pada indoor dan pasang kembali indoor unit pada barcket. Setelah nepel indoor dan kabel power untuk outdoor terpasang pada pipa instalasi, lakukan vakum dan isi freon kembali. Atau tambahkan freon bila dalam unit masih terdapat sisa freon.
Bagikan