Masalah Pada Compressor AC


Ada beberapa Permasalahan yang terjadi pada sebuah compressor AC. Antara lain adalah :

Masa Pemakaian
Unit AC yang sudah melalui masa pakai cukup lama biasanya adalah ketidakmampuan compressor AC tersebut untuk memampatkan dengan baik gas refrigerant atau freon AC ke tekanan yang cukup.

Unit AC kotor
Unit Out door kotor , meyebabkan pressure Freon meningkat sehingga   ampere compressor pun ikut naik. Apabila ampere compressor melebihi standart maka compressor pun akan cepat mengalami over temperature / kerusakan. SOLUSI : Bersihkan unit out door dan indoor secara rutin.

Freon Habis
Kehabisan Freon dapat menyebabkan kerja compressor sangat berat hal ini dikarenakan Freon yang mana sebagai media pendingin  sudah tidak ada lagi didalam system, sedangkan permintaan energy dingin terus berlangsung. SOLUSI : Cari titik kebocoran sebelum ditambah Freon, biasanya terjadi pada sambungan neple pipa tembaga, bisa kurang kencang, bisa juga pipa pecah atau hasil pleringan melipat. CIRI – CIRI : Ada bekas oli yang keluar pada sambungan tersebut.

Tegangan listrik yang fluktuatif
Tegangan listrik yang fluktuatif dapat menyebabkan compressor AC tidak bekerja dengan baik sehingga AC kehilangan kemampuan pendinginan., yang akan meyebabkan ampere meningkat.
SOLUSI : Alangkah baiknya kalau dipasang stabilizer tegangan, hal ini akan menyebabkan mesin mesin rumah tangga lebih awet.

Posisi Pemasangan Unit AC
Posisi Pemasangan Unit AC. Pastikan pemasangan AC anda benar, posisi kondensor  harus lebih rendah dari posisi evaporator, kenapa? Apabila kondensor  diatas maka oli pada compressor akan sangat mudah turun ke evaporator, sedangkan untuk kembali ke kondensor oli sangat susah. Hal ini menyebabkan bussing pada AS compressor mudah aus. Al hasil compressor macet.
SOLUSI : Pasanglah AC secara benar.

Untuk compressor macet sendiri bisa disebabkan adanya kerak oli yang menempel pada klep sehingga klep dan pompa macet. SOLUSI : Lepaskan compressor dari unit, buang oli yang ada didalam compressor, bersihkan sisa oli compressor menggunakan  R11, tembak dengan R22 agar kotoran mudah keluar, hidupkan compressor. Apabila compressor yang mengalami Permasalahan tersebut dipaksa bekerja tanpa ada perbaikan lebih lanjut maka siap siap compressor anda akan macet  lalu terbakar.

Ada sedikit tips mengatasi compressor macet
  • Cek amper compressor dengan tang amper
  • Periksa overload apakah masih berfungsi dengan baik.
  • Periksa oli yg ada pada compressor, bila kurang oli tambahkan dengan oli compressor.
  • Ganti strainer dan pipa kapilernya yg mungkin sudah tersumbat.
  • Bersihkan outdoor unit apabila condenser tertutup oleh debu/kotoran.
  • Buka plat pembatas ruangan compressor, agar panas compressor dapat dibuang oleh fan motor outdoor unit.
  • Pergunakan starting capasitor atau perbesar nilai micro pada running capasitor.
  • Balik putaran arah compressor dengan memindahkan kabel power yg berada pada running capasitor keposisi kaki running capasitor yg disebelahnya dan coba dlm beberapa detik, setelah itu kembalikan pada posisi semula.
  • Masukan tekanan freon pada pipa hisap/suction ketika compressor mulai start.
  • Pukul dengan g martil pada bagian mekanik compressor.
  • Naikkan teganan listrik untuk mencoba memutar mekanik compressor
  • Namun apabila gulungan compressor sudah terbakar, maka lebih baik anda beli compressor baru.
Bagikan